Prodi Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang

Dialog Jurusan Perikanan Sebagai Ladang Menempa Sifat Kritis Mahasiswa

Author : Administrator | Selasa, 20 Januari 2015 15:01 WIB
Berita UMM
 

 

Sebagai mahasiswa, idealnya mampu berperan sebagai agent of control dan agent of change. Agent of control memiliki pengertian bahwa mahasiswa memiliki tanggung jawab pengontrolan dan kritis terhadap berbagai kondisi sosial yang ada disekitarnya termasuk masalah aturan maupun kebijakan dari yang berwenang. Dan agent of change memiliki perngertian bahwa mahasiswa memiliki wewenang untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik apabila terjadi kekeliruan. Karenanya pada hari Sabtu (10/1/2015) Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Perikanan Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan sebuah kegiatan yang dinamakan Dialog Jurusan. Agenda ini bertujuan agar mahasiswa perikanan mampu mengimplementasikan bentuk tanggung jawabnya sebagai mahasiswa yang berperan sebagai agent of control and agent of change mulai dari lingkup yang kecil yaitu terkait kebijakan jurusan dan laboratorium perikanan terhadap kegiatan perkuliahan dan juga praktikum yang ada di jurusan perikanan. Sehingga kedepannya mahasiswa mampu menjadi pengawala maupun penopang berbagai kebijakan yang ada di jurusan dan laboratorium perikanan. Karena antara dosen dan mahasiswa memiliki hubungan yang sangat erat, jika salah satunya tidak ada maka sistem perkuliahan tidak akan berjalan. Sehingga menjadi sebuah keharusan bahwa keduanya harus saling berinteraksi untuk memberikan masukan ataupun kritik agar keduanya dapat berjalan dengan baik, sala satunya dengan adanya kegiatan dialog ini.

Kegiatan yang dihadiri oleh Riza Rahman Hakim, S.Pi, M.Sc sebagai Ketua Jurusan Perikanan ini berlangsung selama kurang lebih 4 jam dengan dihadiri oleh puluhan peserta yang sangat antusias. Berbagai pertanyaan pun dilontarkan oleh para peserta sebagai bentuk sifat kritis yang tengah berkembang di kalangan mahasiswa saat ini. Mulai dari permasalahan yang berkaitan dengan sistem akademik hingga sarana dan prasarana perkuliahan menjadi bahan diskusi dan evaluasi pada dialog ini. “Kegiatan ini merupakan sebuah kultur yang baik dan harus dipertahankan oleh HMJ Perikanan setiap tahunnya, karena kegiatan ini mampu menjembatani ide, saran maupun kritik dari mahasiswa sehingga kedepannya jurusan dan juga mahasiswa dapat berjalan bersama untuk menuju perikanan yang lebih baik”  Kata Riza. Harapannya setelah adanya kegiatan dialog ini, Jurusan Perikanan UMM yang saat ini telah memiliki akreditasi A ini mampu mengevaluasi dan terus berkembang untuk menjadi sebuah lembaga yang melahirkan pionir kebangkitan sumber daya manusia pada sektor perikanan.

Acara ini juga dihadiri oleh Hany Handajani, S.Pi, M.Si sebagai Kepala Laboratorium Perikanan, Dr.Ir. David Hermawan, M.P sebagai dosen perikanan dan juga Senator Universitas Muhammadiyah Malang serta Ganjar Adhy Wirawan, S.Pi, M.Si sebagai dosen perikanan dan juga instruktur Laboratorium Perikanan.  (Hamdi Rosyidi)*

 

*) mahasiswa Jurusan Perikanan UMM angkatan 2012

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image