Prodi Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang

Pengalaman Praktek Kerja Lapang di Kasetsart University Thailand

Author : Administrator | Senin, 14 Agustus 2017 11:05 WIB

Pengalaman Praktek Kerja Lapang di Kasetsart University Thailand

 

Praktek kerja lapang dilaksanakan pada tanggal 1 - 30 Agustus 2016 bertempat di Kasetsart University (KU),BangkokThailand. Pada awal Agustus 2016 tepatnya pada tanggal satu saya bersama mahasiswa dari Fakultas Pertanian-Peternakan UMM yang lainberangkat ke Thailand dalam rangka praktek kerja lapang sekaligus field trip disana. Setelah sesampainya di sana tepatnya diBandara Internasional Don Mueang Bangkok, saya langsung dijemput Nukk dan Songpwol. Mereka adalah utusan dari KUuntuk memandu kami dalam melaksanakan dan memenuhi tugas kampus yang di sebut praktek kerja lapang atau biasa disingkat PKL.

            Nukk dan Songpwol dengan senang hati membawa kami ke tujuan awal yaitu untuk melakukan perkenalan kampus KUdan mengajak kami untuk berbelanja keperluan PKL yang akan dilakukan di hari mendatang. Di hari keduakami masih melakukan masa adaptasi terhadap budaya, kuliner, bahasa dan lain lain. Setelah hari ketiga barulah kami memulai PKL di tempat yang berbeda yaitu di Suwan FarmNakorn Ratchasima. Suwan Farm adalah pusat  penelitian di sektor agricultural yang telah menjadi pusat penelitian baik untuk mahasiswa lokal dan mahasiswa internasional dari berbagai penjuru Asia dan Eropa. Tujuan utama dari pusat penelitian ini adalah untuk melakukan penelitian dan mempublikasikan teknologi untuk pertumbuhan jagung dan sorgum serta tanaman ladang lainnya.

Pada hari pertama di Suwan Farm kami diajak perkenalan tentang prospek pertanian dan hasil produksi pertanianyang ada di Suwan Farm seperti jagung manis, sorghum, susu jagung manis dan lain lain. Sehingga tidak hanya sekedar belajar dan praktek tetapi sekaligus mengenal budaya baru. Kami menggeluti di bidang pertanian dan produksi hasil pertanian berlangsung selama satu  minggu. Setelah selesai melakukan PKL di Suwan Farm, kami dirujuk ke Pakchong Research Stationuntuk melakukan  program PKL selanjutnya yaitu tentang pengenalan produk-produk pertanian seperti mangga, serikaya, alpukat, pisang dan lain lain selama satu minggu.

         Destinasi yang paling kami tunggu-tunggu adalah di Tubkwang Research Station. Sesampainya di sana,kami sangat disambut ramah oleh orang-orang yang ada disana, tentunya kami dijamu makan dengan baik, dan kami juga mendapatbiaya living cost dengan harga yang relatif murah dan tentunya terjamin fasilitas dengan pelayanan yang terbaik. Tetapi kita diminta untuk bekerja keras dalam menggeluti PKL di bidang peternakan, produk produk olahan peternakan dan lain lain. Dapat dikatakan lumayan melelahkan bagi kami untuk mengurusi dan membersihkan kandang sapi dan penebaran bibit rumput gajah dengan ukuran yang lumayan luas. Sehingga setelah menyelesaikan pekerjaan itu kami langsung disuruh untuk bersih-bersih diri dan berpakaian rapi.Setelah itu kami langsung terkejut bahwa kami diajak ke restoran untuk melakukan makan malam dan dibiayai oleh pihak Tubkwang. Kemudiankamijugadiajak berbelanja ke Tesco Lotus atau pusat perbelanjaan terbesar di daerah tersebut.

Tak terasa waktu satu minggu sudah berlalu,kami pun kembali lagi ke kampus Kasetsart University. Kami pun telah menyiapkan persiapan yang sangat matang untuk melakukan presentasi di Faculty of Agriculture KUbersama beberapaprofessor yang ada di universitas tersebut. Setelah kami melakukan presentasi,kami pun diajak untuk melakukan program selanjutnya yaitu home economic yang diadakan selama dua hari di Fakultas Seni KU.Setelah aktivitas selesai, saya lansung dirujuk untuk mengikuti program PKL perikanan yang ada di Faculty of Fisheries KU.PKL di bidang perikanan difokuskantentang formulasi pakan, menghitung densitas pakan, kemampuan pakan tenggelam atau mengapung dan lain lain.

Pada hari-hari terakhir di thailand, saya pun diajak teman-teman mahasiswa dari KUuntuk melakukan field trip di berbagai destinasi Bangkok, seperti berbelanja pernak-pernik sampai berkeliling ke tujuan wisata yang terletak di Bangkok.Itulah sedikit cerita tentang PKL di KU Thailand. Tentunya dari PKL ini kami mendapat wawasan dan pengalaman baru yang sangat bermakna.

 

 

*Fuad, Mahasiswa Perikanan Angkatan 2014

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image