KESI 2022 - Siswa-Siswi SMA/SMK Jawa Timur Antusias Ikuti Kelas Profesional Udang dan Koi

Minggu, 13 November 2022 05:35 WIB

Malang, Sabtu 12 November 2022

Prodi Akuakultur Universitas Muhammadiyah Malang melaksanakan kelas Profesional Udang serta Koi bagi siswa SMA/MA/SMK Kelas XII Se-Indonesia pada Sabtu (12/11) di aula BAU dan Laboratorium Perikanan UMM. Disampaikan langsung oleh Kepala Prodi Akuakultur, Dr. Hany Handajani, S.Pi, M.Si, kegiatan ini memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi para peserta.

Menurut Hany peserta kegiatan ini banyak mendapatkan keuntungan seperti yang ada di poster pendaftaran secara administratif  (free biaya pendaftaran, ilmu teori dan praktik, sertifikat, makan siang, snack+coffee, dan doorprize) juga diberikan bonus khusus bagi peserta yang sudah hadir.

Bonus khusus dimaksud Prodi Akuakultur mendata para peserta dengan harapan di kemudian hari apabila peserta ingin bergabung di Prodi Akuakultur UMM akan mendapat beberapa keuntungan seperti gratis uang pendaftaran, bebas tes memilih kelas profesional, dan pendapatan beasiswa akan diprioritaskan.

Lebih lanjut, Hany menjelaskan program ini merupakan Kompetensi Ekstra Siswa Indonesia (KESI) diinisiasi oleh universitas dan diminta dilaksanakan daring pada awal tahun. Tetapi setelah ditawarkan oleh prodi Akuakultur mendapati antusiasisme peserta yang masih belum memenuhi harapan. Sehingga di penghujung tahun 2022 ini Prodi Akuakultur mengemas KESI secara luring dengan tema yang menarik.

Hadir mengikuti KESI Prodi Akuakultur  dikatakan Hany sebanyak 17 sekolah dengan 56 peserta terdaftar di kelas profesional udang dan Koi. Hampir sekolah se Jawa Timur hadir, beberapa sekolah seperti dari Malang, Batu, Ponorogo, Pacitan, Lamongan, Jember hadir di UMM. Bahkan ada pendaftar dari Senayan Kepulauan Riau meskipun akhirnya berhalangan karena terlalu jauh.

Kata Hany tujuan program ini untuk menambah kompetensi siswa SMA/MA/SMK di luar kompetensi pembelajaran sederajatnya. Prodi Akuakultur UMM menawarkan kelas profesional udang dan koi yang menjadi kelas unggulan agar menambah wawasan mereka dan meningkatkan keingintahuan yang lebih.

“Harapannya siswa itu selain mengetahui pemahaman ketrampilan tentang koi dan udang mereka juga tertarik masuk prodi,” ucap Hany.

eserta ternyata sangat tertarik dengan tawaran sebagai mahasiswa prodi Akuakultur UMM, tandas Hany sebab dihadirkan juga guru pendamping yang akan menjalin kolaborasi kerja sama untuk kegiatan seputar sekolah. Seperti contoh apabila sekolah membutuhkan pendampingan karya tulis ilmiah atau pelatihan maka prodi Akuakultur akan siap membantu dengan catatan ada kerjasama yang kuat.

Sekedar diketahui, tambah Hany  narasumber yang dihadirkan dalam KESI tersebut para dosen prodi Akuakultur. Yaitu Dony Prasetyo, S.Pi, M.Sc terkait materi Budidaya Udang, Riza Rahman Hakim, S.Pi, M.Sc bagaimana Budidaya Koi, Dr. Ir. David Hermawan, MP, HDI, tentang Problematika dan Peluang Bisnis Sektor Pangan, serta praktik langsung yang dibimbing oleh Ganjar Adhywirawan S.Pi, MP di laboratorium Perikanan UMM.

Sumber: https://tabloidmatahati.com/ikut-kesi-profesional-udang-koi-peserta-minat-kuliah-prodi-akuakultur-umm/#.Y3DNCPdBxD9 

File KESI 2022 - Budidaya Udang

Shared: