Pertahanan Diri Terhadap Coronavirus

Senin, 16 Maret 2020 12:35 WIB

Coronavirus atau disebut COVID-19 telah dinyatakan sebagai Pandemi oleh WHO (Badan Kesehatan Dunia), yang artinya telah menyebar hampir diseluruh dunia, termasuk Indonesia. Untuk itu kenali cara pencegahan dan pertahanan diri untuk menghindari penularan covid-19, berikut cara sederhana pencegahan:

1. Cuci Tangan dengan Benar Secara Teratur.

Telapak tangan merupakan bagian yang paling sering kontak dengan lingkungan (benda) yang bisa jadi banyak mengandung patogen baik jamur, bakteri maupun virus (Termasuk Covid-19). Untuk itu secara rutin cuci tangan setelah berkatifitas.

 

2. Jaga Cukup Jarak dengan Orang Lain.

Jaga jarak sekurangnya 1 meter dengan orang lain yang sedang batuk dan bersin. Karena ketika seseorang batuk/bersin akan mengeluarkan sejumlah percikan cairan (spray droplets) dari mulut atau hidung yang kemungkinan mengandung virus. Virus pada droplets yang menempal di benda dapat bertahan sampai beberapa hari hingga ia tersentuh dan mendapat inang baru.

3. Kurangi Menyentuh Hidung, Mata dan Mulut

Tangan paling banyak bersentuhan dengan benda yang mengandung patogen. Virus umumnya hanya dapat masuk ke dalam tubuh melalui saluran terbuka tubuh seperti mata, hidung dan mulut.

4. Lakukan Tindakan Cara Batuk dan Bersin yang Benar

Pelajari cara batuk dan bersin yang benar untuk menghindari penyebaran virus.

5. Kenali Gejala, dan Segera Meminta Penanganan Medis

Tetap tinggal dirumah jika merasa badan tidak nyaman. Jika merasa demam, dingin, dan sesak nafas segera meminta penanganan medis.

6. Terus Pantau Informasi Terkini dari Sumber Terpercaya

Tetap ikuti perkembangan terbaru tentang COVID-19. Ikuti saran yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan Anda, otoritas kesehatan publik nasional dan lokal Anda  tentang cara melindungi diri sendiri dan orang lain dari COVID-19.
 

Sumber: https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public

Shared: