Salam IJOTA - Jurnal ilmiah berkala Prodi Akuakultur UMM kini terakreditasi Sinta

Senin, 01 Februari 2021 20:10 WIB   Administrator

Senin 1 Februari 2021 menjadi hari bersejarah bagi Prodi Akuakultur UMM. Berita gembira yang dinanti-nanti oleh civitas akademik Program Studi UMM telah datang. Diiringi datangnya surat keputusan (SK) dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi nasional yang dibuat oleh Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan dengan nomor B/1796/E5.2/KI.02.00/2020, secara resmi menyatakan jurnal IJOTA (Indonesian Journal of Tropical Aquatic) telah terakreditas dari terindek Sinta grade 5. Melalui surat tersebut juga menjelaskan bahwa seluruh artikel jurnal yang terbit di IJOTA mulai dari volume pertama telah terindek Sinta. Sukses ini menjadi pintu gerbang baru bagi IJOTA untuk lebih diakui dalam dunia publikasi ilmiah nasional dan internasional.

IJOTA (Indonesian Journal of Tropical Aquatic) merupakan Jurnal ilmiah yang terbit secara berkala dibulan Februari dan Agustus setiap tahun. IJOTA terbit pertama pada bulan Agustus tahun 2018. Jurnal tersebut merupakan jurnal internasional berbahasa inggris yang memuat naskah publikasi hasil riset di bidang-bidang perikanan dan akuakultur secara khusus. Jurnal ini digawangi oleh para peneliti yang berpengalaman di Prodi Akuakultur UMM dan juga berbagai peneliti di banyak institusi baik pemerintah, maupun perguruan tinggi di bidang perikanan. 

Cover IJOTA terbitan pertama.

Dengan adanya indeksasi pada Sinta tersebut telah mempertegas eksistensi IJOTA dalam publikasi artikel ilmiah di bidang perikanan tropis di kancah nasional. Tidak cukup disitu, IJOTA juga telah menancapkan eksistensinya dan visibilitasnya dalam ranah publikasi di tingkat internasional. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pengindek-pengindek internasional yang telah menautkan datanya dengan IJOTA seperti DRJI, Copernicus, Google Scholar, PKP dan lainnya. Dengan adanya indeksasi tersebut diharapkan gaung dari informasi ilmiah yang ada dalam IJOTA semakin meluas dan dapat bermanfaat bagi masyarakat ilmuan di seluruh dunia.

Semangat terus berkembang untuk meningkatkan kualitas publikasi IJOTA terus ditingkatkan dengan harapan akan semakin meningkatkan kemanfaatan jurnal ini bagi seluruh masyarakat ilmuan. IJOTA juga memantabkan diri untuk terus meningkatkan reputasi baik nasional melalui pemeringkatan Sinta dan juga internasional melalui indeksasi DOAJ dan Scopus nantinya.(nod)

Informasi lebih lengkap tentang IJOTA dapat berkunjung ke https://ejournal.umm.ac.id/index.php/ijota/index

Shared: