Prodi Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang

Home

Riza Rahman Hakim, S.Pi., M.Sc (Ka. Prodi. Budidaya Perairan ( Aquaculture)

          Potensi sumberdaya kelautan dan perikanan Indonesia yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong pemulihan ekonomi diperkirakan sebesar US$ 82 Miliar per tahun, dengan rincian potensi perikanan tangkap US$ 15.1 miliar / tahun, budidaya laut US$ 46.7 miliar / tahun, perairan umum US$ 1.1 miliar / tahun, budidaya tambak us$ 10 miliar / tahun, budidaya air tawar US$ 5.2 miliar / tahun, dan potensi bioteknologi kelautan sebesar US$ 4 miliar / tahun.

          Potensi yang luar biasa ini tentunya patut untuk disyukuri, karena negara yang akan memenangkan persaingan global adalah negara yang mampu mengelola keunggulan potensi sumberdaya alamnya dan mampu mengembangkan sumberdaya manusianya dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

          Pemanfaatan dan pengelolaan potensi yang cukup besar tersebut sampai saat ini belum optimal, karena masih kurangnya sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi keilmuan dalam pengembangan perikanan dan kelautan di Indonesia. Oleh karena itu Jurusan Perikanan UMM hadir, menawarkan program pendidikan bergelar S1 dalam rangka mempersiapkan tenaga ahli bidang perikanan dan kelautan yang memiliki keunggulan / Kompetensi di bidang perikanan dan kelautan.

Sejarah Singkat Jurusan Perikanan

Video Profil Jurusan

Shared: