Pembukaan Kelas Profesional Udang Tahun Ke-2: Akuakultur UMM Perkuat Kolaborasi dengan Industri

Kamis, 14 Juli 2022 04:28 WIB   Administrator

Malang, 14 Juli 2022

Tingginya potensi ekspor udang, melatar belakangi dibuatnya program pembekalan kelas profesional udang untuk mahasiswa program studi Akuakultur angkatan 2019. Pada hari Kamis, para peserta dibekali empat materi dari berbagai praktisi ahli. Materi yang disampaikan adalah manajemen hatchery udang vaname skala industri yang disampaikan oleh Ir. Hari Purnomo, M.ST. dari PT. Summa Benur, manajemen kesehatan udang yang disampaikan oleh Dr. Ir. Heny Budi Utari dari PT. Central Proteina Prima, budidaya udang vaname skala industry yang dipaparkan oleh Ir. Hery Sudarmono dari PT. GAS, serta materi terakhir disampaikan oleh Ir. Nonot Tri Waluyo dari PT. Central Proteina Prima yaitu tentang bisnis tambak skala kecil. Tujuan diberikannya materi-materi tersebut adalah agar para mahasiswa program studi Akuakultur lebih siap untuk terjun di dunia tambak, terutama udang.

Acara berjalan lancer mulai dari jam 08.00 WIB hingga petang pukul 17.30 WIB. Selama acara berlangsung, panitia menyediakan coffee break guna mengoptimalkan konsentrasi mahasiswa. Beberapa peserta nampak tekun mencacat materi yang disampaikan oleh pemateri di buku yang sudah disediakan. Peserta pembekalan hari ini terkondisikan dengan baik dan aktif bertanya kepada para praktisi saat penyampaian materi.

“Selama ini kami bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang, terutama untuk program kelas professional udang yang digagas oleh program studi Akuakultur ternyata sangat bagus dan bermanfaat dalam menjembatani kebutuhan perusahaan kami dengan UMM,” ujar Dr. Ir. Heny Budi Utari. “Kami sudah dua kali mengikuti program kelas professional udang ini, pada program pertama kami sangat merasakan manfaatnya karena ternyata para lulusan sangat memenuhi standar yang dibutuhkan oleh perusahaan,” lanjutnya.

“Kami sebagai produsen pakan udang sangat mendukung program kelas professional udang yang digagas oleh produ Akuakultur UMM, karena dalam sudut pandang perikanan kami sangat membutuhkan banyak teknisi untuk budidaya udang, sehingga jika program ini terus berjalan, maka kami sebagai produsen pakan udang siap untuk mengakomodir lulusan dari prodi Akuakultur UMM menjadi lebih baik,” jelas Bapak Alfan selaku produsen pakan udang, “mayoritas mahasiswa masih awam ketika dihadapkan dengan ilmu pergudangan, harapannya dengan adanya program ini dapat menjadi lebih baik,” lanjutnya.

Acara hari ini ditutup dengan kegiatan diskusi antara dosen dan beberapa pejabat lainnya dengan praktisi. Mayoritas praktisi memuji para lulusan Akuakultur Universitas Muhammadiyah Malang karena sangat memenuhi kualifikasi perusahaan. Beberapa diantara mereka menyampaikan bahwa perlunya penyampaian materi-materi dasar tentang budidaya udang karena terdapat beberapa mahasiswa yang tidak mengetahui hal-hal dasar tersebut. Selain materi dasar tentang budidaya udang, mahasiswa juga perlu diajarkan cara berkomunikasi yang tepat.

Shared: