Sukses Kelas CoE Udang, Perikanan UMM Siapkan Inisiasi Kelas Profesional Rumput Laut

Kamis, 13 Januari 2022 21:08 WIB   Administrator

MALANG-Diterimanya sebagian mahasiswa Perikanan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada industri udang, mendorong inovasi kelas professional untuk membidik peluang lainnya. Hal ini disampaikan Penanggungjawab Kelas Profesional Udang, Ganjar Adhywirawan Sutarjo, S.Pi, MP, dalam forum laporan pelaksanaan kelas professional udang  bersama Rektor UMM Dr. Fauzan dan Warek II UMM, Dr. Nazaruddin Malik, beberapa waktu lalu.

Menariknya, lanjut Ganjar ketika menyampaikan laporan perkembangan tindak lanjut kelas professional udang tersebut juga didampingi bos PT Garin Agro Sejahtera (GAS), Ir. Hery Sudarmono. Sebab dari mitra iduka PT GAS sejumlah mahasiswa perikanan dapat diterima kerja di PT GAS. Padahal mahasiswa yang awalnya magang di PT GAS ini sampai saat ini masih belum lulus kuliah. Diharapkan dalam waktu 3,5 tahun hingga 4 tahun selesai kuliahnya.

Mahasiswa yang direkrut kerja ini, tandas Ganjar sebagai teknisi pembudidaya udang di Luwok, Sulawesi Tengah. Sebab PT GAS membuka lahan di Sulteng sekitar 50 hektare tambak udang intensif yang sudah dimulai   sekitar 5 hektare. Nah pembukaan lahan ini tentu saja membutuhkan banyak sumber daya manusia.slot88

“Perlu diketahui bahwa ini merupakan salah satu mitra iduka yang merekrut mahasiswa perikanan sebagai karyawan. Sementara mahasiswa tersebut masih belum lulus. Masih ada beberapa mitra iduka yang juga melakukan hal serupa dengan status mahasiswa perikanan yang masih kuliah.  Ini membuktikan bahwa mahasiswa perikanan UMM kompetensinya diakui dunia kerja dan industri,”  tegas Ganjar.

Laporan perkembangan selanjutnya, kata Ganjar tentang tindaklanjut kelas professional Centre of Excellence (CoE) lain sedang proses perancangan konsep kelas CoE rumput laut. Pemilihan kelas professional rumput laut ini hasil diskusi dengan mitra dudi (dunia industri) perikanan UMM bahwa rumput laut juga merupakan peluang masa depan yang prospektif.

“Itu sebabnya kebutuhan sumber daya manusia yang dibutuhkan juga cukup tinggi. Dari sinilah muncul inisiasi pembentukan program kelas CoE rumput laut,” kata Ganjar.  

sumber: https://tabloidmatahati.com/sukses-kelas-coe-udang-perikanan-umm-inisiasi-kelas-profesional-rumput-laut/#.YeDcOy2MxQJ

Shared: