Manfaatkan Bacteriofage. Riset Atasi Penyakit Udang Vaname, PKM RE Akuakultur UMM Optimis Juara Pimnas

Rabu, 08 November 2023 21:31 WIB   Administrator

Alhamdulillah. Selamat kepada tim PKM-RE Program Studi Akuakultur telah sukses lolos dalam PIMNAS 36th. Achieve valuable milestones in your academic journey. Keep working and give your best at Pimnas. We proud of you! πŸŒŸπŸ“–πŸ†Selamat atas prestasi luar biasa! Keberhasilanmu dalam lolos ke Pimnas ke-36 adalah bukti nyata kerja keras dan dedikasimu. Teruslah berinovasi dan berjuang untuk masa depan yang lebih baik. Semangat untuk perjalananmu ke Pimnas!" πŸŽ‰πŸ“šπŸ†
Potensi Bakteriofage Hepatopankreas dan Serasah Mangrove sebagai Inovasi Teknologi Kontrol Acute Hepatopancreatic Necrosis Disease Penyebab Kematian Total Litopenaeus vannamei

Pembimbing:
-Soni Andriawan S.Pi MP
Ketua:
-Lely Ayu Puspandari (202110650311001)
Anggota:
-Ike Trisdayanti (202010650311036)
-Thesa Lonicha Kitvirul A'ini (202010650311014)
-Salsabiilaa Roihanah (202010070311033) Pendidikan Biologi

Selangkah mencapai kemenangan, itu sekiranya posisi yang tepat bagi Tim PKM RE Prodi Akuakultur Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Sebab saat ini ada empat tim PKM yang berhasil melaju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-36 di Universitas Padjajaran.

Tim PKM RE Prodi Akuakultur UMM ketika uji In Vivo di lab.

Disampaikan salah satu tim yang lolos, Mohammad Ilham Wahyudi (mahasiswa prodi Akuakultur 2020), dari Tim PKM-RE (Riset Eksakta) bahwa timnya mengusung  judul Teknologi Bakteriofage Indiginus Usus Udang Vaname dan Sedimen Mangrove guna Pencegahan Penyakit White Feses Disease pada Litopenaeus Vannamei.

Pengamatan gejala klinis pada udang vaname.

Menurut Ilham, yang melatarbelakangi PKM tersebut adalah White Feces Disease (WFD) atau yang biasa disebut dengan penyakit kotoran putih merupakan salah satu penyakit yang menyerang udang vaname.

Penyakit disebabkan oleh bakteri Vibrio sp. yang menyebabkan kematian udang vaname hingga 40 persen. Untuk mengatasi bateri ini penanganan yang sering dilakukan yaitu dengan menggunakan antibiotik dan bahan herbal namun masih belum berhasil.

Berdasarkan hal ini, Ilham mencermati belum adanya solusi yang tepat, maka tim PKM RE prodi Akualutur UMM riset inovasi  untuk solusi menangani bakteri tersebut dengan  merode terbaru yaitu menggunakan bakteriofag.

Selain dirinya, kata Ilham, riset tersebut dilakukan oleh tim PKM-RE Akuakultur UMM antara Imroatin Hasana (mahasiswa Akuakultur angtakan 2020), Ike Trisdayanti (Akuakultur 2020), dan Brilian Amanat Taqwa (mahasiswa Akuakultur angakatan 2019). Tim PKM ini mendapat bimbingan dari Dosen Akuakultur UMM, Soni Andriawan, S.Pi, MP, M.Sc.

Setelah mendapat kabar lolos di Pimnas, Ilham dan tim langsung memperdalam materi risetnya sebagai bahan presentasi, penyusunan laporan akhir, dan pembuatan poster.

Proses isolasi bakteriofag.

Kegiatan tersebut agar saat Pimnas yang akan diselenggarakan pada Sabtu (25/11) mendatang tim PKM RE Prodi Akuakultur UMM siap berkompetisi menjawab pertanyaan dewan juri dan target meraih juara.

“Target yang ingin kami capai yaitu meraih medali emas, Bismillah. Harapan kami semoga lancar pada saat melakukan presentasi dan meraih apa yang telah kami targetkan. Amin,” tegas Ilham.

Sekedar informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Prodi Akuakultur UMM jalur prestasi 1 November 2023-24 Juni 2024. Jalur Reguler: 1 November 2023 – 3- Agustus 2024

 

Riset Atasi Penyakit Udang Vaname, PKM RE Akuakultur UMM Optimis Juara Pimnas - Tabloid Mata Hati

Shared: