Berdayakan Warga Lapas Budidaya Ikan, PKM PM Prodi Akuakultur UMM Lolos Pimnas

Rabu, 08 November 2023 19:40 WIB   Administrator

Syukur Alhamdulillah. Selamat kepada tim PKM-PM Program Studi Akuakultur berhasil lolos ke Pimnas ke-36. Raihan tonggak berharga dalam perjalanan akademikmu. Teruslah berkarya dan berikan yang terbaik di Pimnas. Kami bangga padamu! 🌟📖🏆

Pembimbing:
-Dr. Hany Handajani S.Pi M.Si
Ketua:
-Putri Ramadhani (202010650311029)
Anggota:
-Phobie Yolasica Irawan (202010650311034)
-Fathimatuz Zahroh (202010650311035)
-Moh. Ilham Wahyudi (202010650311027)
-Maulana Zaky Ghivari (202110650311034)

Kembali Prodi Akuakultur Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membagikan kabar prestasi terbarunya. Ada empat tim mahasiswanya yang lolos berlaga di ajang kompetitif Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-36. Ajang bergengsi tersebut akan diadakan di Universitas Padjajaran pada Sabtu (25/11) mendatang.

Berkenalan dengan salah satu tim PKM Akuakultur yang lolos Pimnas yaitu PKM-PM (Pengabdian Masyarakat). Tim dimaksud diketuai oleh Putri Ramadhani mahasiswa Akuakultur angkatan 2020 mengusung judul Peningkatan Skill Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Lowokwaru Malang Melalui Kegiatan Budidaya Ikan dengan Teknologi Resirkulasi Akuakultur Sistem dan Budidaya Pakan Alami.

Tim PKM PM Prodi Akuakultur UMM ketika melaksanakan kegiatan di lapas tentang budidaya ikan menggunakan Teknologi Resirkulasi Akuakultur Sistem dan Budidaya Pakan Alami.

Menurut Putri, timnya dikabarkan lolos dalam Pimnas 36 melalui pengumuman yang ada di akun Instagram Puspresnas pada Selasa (7/11). Sontak kabar tersebut membuat Putri dan timnya bergembira dan bertekad mendapat juara di Pimnas nantinya dalam PKM-PM.

“Targetnya agar menjadi pemenang dan mendapatkan medali emas. InsyaAllah, Bismillah,” tandas Putri.

Tim PKM PM Prodi Akuaktur saat memberikan arahan kepada warga lapas tentang bagaimana memberi pakan ikan dalam kolam bundar.

Perlu dikatehui, PKM-PM yang dilaksanakan dilatarbelakangi oleh permasalahan mitra yaitu sulitnya mencari lapangan pekerjaan bagi narapidana saat keluar dari lapas.

Diperlukan soft skill dan hard skill sembari mengisi waktu luang. Mitra tersebut adalah Lapas Kelas 1 Malang berada di jalan Asahan bunulrejo Kecamatan Blimbing Kota Malang Jawa Timur. Peserta dari PKM-PM ini terdiri dari sepuluh orang narapidana (24-49 tahun) dan lima orang petugas lapas (28-31 tahun).

Antusiasme warga binaan Lapas melaksanakan budidaya ikan bersama tim mahasiswa Prodi Akuakultur UMM.

Solusi yang telah di sepakati dengan mitra yaitu pemanfaatan kolam kosong dan menambah soft skill dan hard skill budidaya ikan dan teknologi resirkulasi akuakultur sistem dan budidaya pakan alami serta terpenuhi kebutuhan gizi protein hewani penghuni lapas.

Mentoring teknologi resirkulating akuakultur sistem.

Saat ini, sembari menunggu tanggal kompetisi di Pimnas, Putri dan tim melakukan latihan monev internal setiap harinya. Beberapa aktivitas yang dilakukan seperti presentasi, pengecekan untuk unggah laporan akhir, artikel ilmiah serta poster. Mahasiswa akuakultur UMM ketika observasi lokasi untuk PKM.

“Harapannya yaitu semoga presentasi Pimnas di universitas Padjadjaran nanti lancar dan dapat meraih apa yang kami inginkan dan membawa medali emas untuk UMM,” ujar Ketua Tim PKM-PM Akuakultur UMM.

Sekedar informasi, selain dirinya Tim PKM-PM ini terdiri dari lima mahasiswa yaitu Phobie Yolasica Irawan mahasiswa Akuakultur angkatan 2020, Fathimatuz Zahroh mahasiswa Akuakultur 20, Mohamad Ilham Wahyudi mahasiswa Akuakultur 2020, dan Maulana Zaky Ghivari mahasiswa Akuakultur angatakan 2021. Tim ini mendapatkan dampingan dari Dr. Hany Handajani, S.Pi, M.Si.

Berdayakan Warga Lapas Budidaya Ikan, PKM PM Prodi Akuakultur UMM Lolos Pimnas 5

Saat ini  Penerimaan Mahasiswa Baru Prodi Akuakultur UMM telajh dibuka. Pada  jalur prestasi 1 November 2023-24 Juni 2024. Jalur Reguler: 1 November 2023 – 3 Agustus 2024.

 

Berdayakan Warga Lapas Budidaya Ikan, PKM PM Prodi Akuakultur UMM Lolos Pimnas - Tabloid Mata Hati

Shared: